Tanaman Obat

              Khasiat daun ajaib Binahong     tanam-obat.jpg

Daun Binahong adalah jenis tanaman yang amat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa lembar daun ini dikunyah hingga halus atau dimasak dengan segelas air dan diminum beserta ampasnya atau lebih mudah di jus atau diblender. Adapun khasiat dari daun tersebut sebagai berikut :

A. Kategori Penyakit berat :

  • Batuk/muntah darah : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Paru-paru/bolong : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Kencing manis : 11 lembar daun diminum setiap hari
  • Sesak nafas : 7   lembar daun diminum setiap hari
  • Borok akut(menahun) : 12 lembar daun diminum setiap hari
  • Patah tulang : 10-20 lb    daun diminum setiap hari
  • Darah rendah : 8   lembar daun diminum setiap hari
  • Radang ginjal   : 7   lembar daun diminum setiap hari
  • Gatal-gatal /eksim kulit : 10-15 lb     daun diminum setiap hari
  • Gegar otak ringan/berat : 10 lembar daun diminum setiap hari.   

B. Kategori Penyakit Ringan

  • Disentri/buang air besar  : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Ambeyen berdarah   : 16 lembar daun diminum setiap hari
  • Hidung mimisan         :   4 lembar daun diminum setiap hari
  • Habis bedah/operasi : 20 lembar daun diminum setiap hari
  • Luka bakar           : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Kecelakaan/benda tajam  : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Jerawat                 :  8 lembar daun diminum setiap hari
  • Usus bengkak      :  3 lembar daun diminum setiap hari
  • Gusi berdarah     :  4 lembar daun diminum setiap hari
  • Kurang nafsu makan :  5 lembar daun diminum setiap hari
  • Kelancaran haid         :  3 lembar daun diminum setiap hari
  • Habis bersalin/melahirkan :  7 lembar daun diminum setiap hari
  • Menjaga stamina tubuh  :  1 lembar daun diminum setiap hari
  • Penghangat badan     :  5 lembar daun diminum setiap hari
  • Lemah syahwat         : 3-10 lb      daun diminum setiap hari.

     tanam-obat-2.jpg      KAKATUNCARAN (Bhs Sunda)

Tanaman ini tumbuh liar dipekarangan, berguna untuk menyembuhkan penyakit kanker, caranya : keringkan kemudian direbus dan airnya setiap hari diminum.

Tulisan ini mudah-mudahan dapat berguna bagi rekan-rekan semua, setiap saat bicara masalah hukum terbersit dibenak saya bahwa akar permasalahan adalah kesehatan, sebab didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat…(meniru semboyan apa ya ?).

Listiana Lestari.
Amazon.com Widgets

80 respons untuk ‘Tanaman Obat

  1. jadi lemah syahwat itu dikategorikan penyakit ringa ya?
    kok saya baru tahu ?

    *Ah…masa sih baru tau ?*

  2. Berguna sekali informasinya, tapi sayang harus banyak tanya dulu buat nyari jenis tanamannya. lihat dari foto saja, gak ngenalin tuh. Terima kasih.
    *Kalo mas Tonny mau…bisa ko ambil ketempat saya…:)*

  3. Ndutz jerawatan ne…berarti 8 lembar ntu direbus yak?? tyus diminum gt Ma?

    *Anak mama nih jerawatan ya ?…duh….cepet2 ya diminum daunnya…maka nya jangan makan coklat terus…*

  4. Sayangnya mbak Lis gak ngasih tau khasiat Kakatuncaran itu untuk obat kanker apa. Kalo untuk obat kanker (kantong kering) bisa gak? Hehe…

  5. Setelah membaca manfaat daun binahong, saya sangat tertarik untuk mencobanya. Dimana daun tersebut bisa saya peroleh. Mohon penjelasan Ciri – ciri daun tersebut(pada gambar tidak begitu jelas). Trima kasih.

  6. memang daun benahong sangat bermanfaat, tapi untuk mengkonsumsi kadang tidak tega, terlalu kental.
    Selain daunna umbi benahong justru lebih efektif untuk mengobati penyakit.

  7. sayang ya aq gaq pernah mraktekin, tak cb dulu ah, aq pny binahong, sayang donk klo gaq dimanfaatin,mksh ya infonya

  8. saya masih susah nyari daun binahong, sempat beli sih, setengah kilo Rp100.000, eh.. dikasihnya antara daun ama batang dan umbi sama banyak. Kali tu yg jual lagi keabisan dipetikin mulu ya….

    tolong dong, kalo ada yg jual daun untuk sekitar Bekasi atau Jakarta Timur yang siap antar ke pembeli, kasih infonya ya..? trims loh..

  9. bagi rekan-rekan di daerah bandung yang menginginkan tanaman binahong, silakan hubungi saya… Insya Allah dikasih.

  10. Sebenarnya saya punya tanaman binahong. Tp saya tidak pernah memanfaatkan daun trsbt. Bnyak juga tetangga yang minta daun itu buat obat. Setau saya cuma bwt obat pnyakit biasa. Ternyata banyak juga kasiatnya. Mulai sekarang saya akn cba membudidayakn. Thx for informtion

  11. Ponakan saya sakit paru2nya bolong dan radang ginjal
    menurut dokter,saya baca di internet ini ada cara lain
    cara pengobatannya dengan daun binahong,apakah harus 10 lembar
    kl yang sudah kapsul harga berapa trimakasih

  12. mbak listiana klu di riau atau sumatra barat nama lain dari binahong itu apa ya. sebaba gambarnya kurang jelas

  13. @Ilhamfatah : semoga kebaikanmu di balas oleh Allah SWT, amin.
    @Afif : bisa dimakan seperti bikin sayur bening, atau dikunyah biasa juga gpp.
    @Syamsul : wah…dibudidayakan deh…supaya lebih bermanfaat.
    @Suratno : Harga yang sudah jadi kapsul saya tidak tau…
    @Jimmy : efek sampingannya badan jadi lebih fit aja…
    @emay : duh…saya kurang tau ya nama lain dari tanaman binahong itu apa…

  14. 2 bulan lalu saya mengalami kecelakaan n patah tulang pada bahu kanan, harus dioperasi n dipen. ternyata kulit mengalami luka n tumbuh seperti benjolan kecil. Ibu saya menyarankan untuk segera meminum n mengompresnya dg daun itu. rasa sakit pada tulang tidak timbul lagi, bahkan tangan yang semula kaku menjadi lemas, lukapun jg kering. Saya punya tanaman cm masih kecil… Yang Mau saya tanyakan berapa lama luka itu bisa sembuh ? Saya mendengar ada kapsul binahong tersebut harganya 400rb/ botol. Dimana saya mendapatkan tanaman itu ? Sepertinya tanaman itu langka n belum banyak yang mengetahui manfaatnya n menanamnya…

  15. Mbak Yuli,
    Sebetulnya binahong sudah banyak sekali dijual, kalo ada pameran tanaman coba aja tanyakan, harganya juga tidak terlalu mahal ko…tanaman yang sudah setinggi 50 cm seharga 10.000 saja. Untuk menanam Binahong memerlukan media yang cukup, kalo hanya ditanam di pot kurang begitu subur, maka sebaiknya ditanam dihalaman yang sedikit sejuk, tanaman binahong ini cepat sekali tumbuh dan berkembangbiak…dalam waktu kurang dari 1 bl tanaman binahong sudah rimbun daunnya selebar tutup gelas. Kapsul binahong jatuhnya jadi lebih mahal dibanding bila menanam sendiri. Semoga lekas sembuh ya.

  16. Memberikan informasi berguna kepada sesama manusia tanpa melihat statusnya adalah merupakan kebaikan dan kemaslahatan dan insya Allah bernilai Ibadah jika dilandasi ketulusan dan rasa kemanusiaan. Teruskan ….!

  17. saya pernah mengalami sendiri mujarabnya daun binahong.

    saat itu salah satu ujung jari saya tergencet pintu besi hingga kukunya lepas. lukanya sampai lama belum kering.

    kemudian ada famili yg membawakan daun binahong. 5 lembar daun tsb direbus, kemudian airnya diminum. sehari minum 3 kali. dalam tiga hari saja luka langsung kering dan kemudian berangsur2 kuku saya tumbuh lagi.

    utk berjaga2 kalau suatu ketika ada yg butuh lagi, saya tanam bbrp lembar daun binahong di halaman. dengan air yg cukup, daun tsb cepat tumbuh menjadi tanaman binahong yg lebat, tanpa perlu perawatan.

  18. mbk, saya ksulitan cr tanaman binahong soalnya namanya beragam jd bingung deh. ngomong2 di mana sya bisa dapat tnaman itu. sya lg perlu bgt. trims mbk

  19. ntar saya coba bwt jerawat, saya punya daun. Tp saya masih ragu tentang kandungan dan tanggapan dokter tentang daun binahong tsb..

  20. rekan – rekan ada yang punya daun binaong gak?
    saya lagi butuh untuk obat kencing manis.

    terima kasih

  21. gimna cara merawatnya?

    @Astrida, merawat binahong paling gampang, setiap hari cukup disiram saja, tapi dia jangan diletakkan ditempat yang terlalu banyak sinar matahari, karena daunnya tidak akan menjadi besar.

  22. apakah binahong bisa mengobati kangker otak, bagaimana cara mengunakannya dan apakah ada efek samping apabila meminum obat herbal yang lainnya?

  23. BINAHONG BISA MEMPERPANJANG PENIS LOW>>>>
    Guwa dah nyoba… dan berhasil…
    diperlukan waktu kurang lebih 2 bulan terapi…

  24. Saya punya tnmn binahong, bbrp hari yl tetangga sakit gigi, saya kasih daun itu 15 lbr, direbus dg 2 gls air hingga menjadi tinggal gls setelah dingin diminum, hanya satu kali minum Alkhamdulillah sembuh tuh sakitnya. Klo ada yg perlu gampang aja tanm stek juga bisa tumbuh asal cukup air setiap hari dan ditaruh di tempat teduh

  25. tmnku daun binahong buat kompres demam ternyata panasnya berkurang.
    Di Arboretum Unpad Jatinangor Bandung ada mengembangkan Binahong yg kyk di Foto atas..
    Thanks Info2nya…

  26. saya juga punya tanaman ntuh, pengalaman langsung adik ipar luka agak parah di bagian muka akibat kecelakaan motor, makan 5 lembar daun binahong 3x, besoknya langsung kering. pengalaman lain dari ibu amel, makan daun ntuh 5 lembar 3x sehabis operasi caesar, alhamdulillah 3 hari kering.

  27. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Terima kasih atas infonya Listiana Lestari, terus saya bisa dapetin daun itu dimana ya, kalo mbak Listiana ada Tolong saya di bagi dong….kalao ada diambil dimana….????

    Jazakallo Khairon Katsiro

    Wassalam
    Ahmad Fauzi Ch

  28. Alhamdulillah daun manoong(binahong) bisa untuk mengobati dermatitis atopi (eksim basah)
    ini terbukti oleh anak sy yang terkena eksim basah dan telah bolak balik ke seorang profesor ahli kulit, tapi tdk sembuh. Tapi setelah digosok daun ini tiap malam selama kurang lebih 1 bulan, alhamdullillah sembuh total tanpa bekas. Perlu ketelatenan mengobati penyakit dengan obat-obatan herbal.

  29. slmat siang saudaraku….mohon bagi2 ilmunya.kebetulan saudaraku perempuan usia 50an tahun,sudah 2 minggu menjalani operasi tumor payudara,sekarang kondisi luka bekas operasi belum juga mengering,setelah saya konfirm dngan dokter ….ternyata itu adalah tumor yang ganas,dan juga sekaligus saudara saya itu penderita sakit asthma yang sudah 15 tahun.untuk itu saya mencari info obat herbal dan saya menemukan info dengan mengkonsumsi daun sirsak utk tumor nya,itu sudah saya lakukan dan berjalan baru 4hari ini,yang perlu saya tanyakan adalah äpakah ada efek negatif dari mengkonsumsi daun sirsak dan daun binahong secara bersamaan?sedangkan saat ini baru rencana saya yang pertamakalinya untuk mengkonsumsi daun binahong tersebut.mohon balasanya terimakasih sebelumnya.

  30. Saya ingin mendapatkan daun Binahong tersebut. Bagaimana caranya dimana saya bisa mendapatkan

    Terimakasih, salam

Tinggalkan komentar