Adopsi (Pengangkatan Anak)

Bagi pasangan suami isteri yang sudah lama membina rumah tangga tapi belum dikaruniai seorang anak, mungkin akan terasa sepi sekali. Ada banyak cara untuk mengusir rasa sepi diantaranya dengan mengangkat seorang anak (adopsi). Sekarang adopsi juga ditetapkan melalui Pengadilan Agama, jadi bagi pasangan yang beragama Islam yang semula ada keraguan untuk mengangkat anak kini tidak perlu ragu-ragu lagi.

Tata cara pengangkatan anak melalui Pengadilan Agama tidak berbeda dengan Pengadilan Negeri. Baik melalui PA maupun PN kedua penetapan berbunyi tidak memutuskan hubungan nasab dengan orang tua kandung si anak tersebut.

Untuk menyalurkan kasih sayang kita kepada anak yang diasuh tidak harus memutuskan hubungan nasab anak tersebut dengan orang tua kandungnya bukan ? Mengasuh anak orang lain dengan niat memberi pertolongan agar anak tersebut mendapatkan pendidikan yang layak karena orang tua kandungnya tidak mampu, akan mempunyai nilai ibadah yang amat mulia dihadapan Allah SWT.

Apabila kita sudah siap lahir batin untuk mengadopsi seorang anak maka langkah selanjutnya siapkan kelengkapan surat-surat seperti : KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran sianak atau bila belum ada dapat menggunakan surat kelahiran yang dikeluarkan oleh RS atau bidan tempat si anak dilahirkan, yang penting juga disertakan adalah surat dari Dep.Sosial. Kalau surat-surat sudah lengkap dapat diajukan bersama dengan Surat Permohonan Pengangkatan Anak yang ditujukan kepada Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri untuk kemudian mendapatkan Penetapan dari PA atau PN setempat. Bila Penetapan sudah selesai, maka langkah selanjutnya membawa penetapan tersebut bersama Akta Kelahiran yang sudah ada ke Kantor Catatan Sipil untuk dibubuhi Keterangan bahwa anak yang tercantum dalam akta kelahiran tersebut telah diangkat oleh pasangan suami isteri si “anu” berdasarkan Penetapan PA/PN dengan nomor sekian.

Tidak rumit bukan ? semoga niat baik untuk mengangkat anak menjadikan hidup ini terasa penuh arti.

Listiana Lestari

listiana_sh@yahoo.co.id

48 thoughts on “Adopsi (Pengangkatan Anak)

  1. Oo link ku ada disini thank’s ntar ku link balik, namaku Reni.

    Dulu akupun tinggal di Jogya menikah di Sleman karena rumahku

    di Nandan Griya Idaman, Monjali tapi dah dijual pindah sini.

    Punya teman Advokat disana salam

    *Waduh…ternyata Reni juga orang jogja ya….ketemunya ko setelah pindah ya….kapan ke jogja lagi ?*

  2. Walah aku paling banyak anak, yah dari Jogya cuman mereka gak

    diadopsi dan tinggal disini, ibu dari jauh aja.

    *Asalkan niat baik sudah cukup…ko, mereka juga pasti bahagia walaupun ibunya jauh…*

  3. apakah dari sudut pandang hukum adopsi boleh dilakukan oleh yang masih single/belum menikah?

    *Sebetulnya adopsi itu untuk pasangan yang sudah menikah…tapi kalo ada perkembangan baru bisa saja.*

  4. Boleh ikut jawab?…

    yang saya ketahui tentang pengangkatan anak, bahwa pengangkatan anak dapat dilakukan oleh seorang warga negara Indonesia yang tidak terikat dalam perkawinan yang sah/belum menikah (single parent adoption). Sesuai dengan yang disebutkan dalam Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) No. 6 Tahun 1983

    Yang paling penting untuk diperhatikan adalah agama orang tua angkat harus sama dengan agama yang dianut oleh calon anak angkat. Selain itu mengenai warisan, seorang anak angkat memiliki hak mewaris dari pihak orang tua angkat maupun dari orang tua kandungnya. :mrgreen:

    O_O” *kayak ngejawab soal ujian..he he*
    *Wah…Aprilia ini pinter juga ya….malah aku bisa belajar dong….*

  5. aku juga pingin sih apdosi baby…kadang kasian juga mereka luce2 dan gak ada dosa eh dibuang gitu aja ama ortunya.. hanya karean kesalahan mereka bayi2 tersebut harus menderita..padahal mereka dah hidup enak di surga eh kita panggil ke bumi. udah nyampe bumi di bunuh/ di buang / disia siakan hidupnya.. walah walah.. nasip kau baby… if my financial ok i would like take one into my life.
    *Franya….apa yang kamu bilang itu betul-betul menyentuh hati…semoga banyak orang seperti kamu ya*

  6. Ada perbedaan pendapat tentang adobsi anak ini. Sebagian dari mereka merasa kasihan kepada si anak yang diadobsi karena dia tidak bisa merasakan indahnya kasih sayang dari orang tua kandung.
    Sejelek apapun orang tua, tentunya menginginkan anaknya bahagia. Anakpun juga demikian. Dia akan lebih merasa bahagia jika di asuh oleh orang tua sendiri bagaimanapun kondisinya.

    *Itu yang memang seharusnya tapi nasip orang dan cara berpikir mereka banya yang berbeda*

  7. pertamax…anak ibu namanya sama kayak namaku..hehehe..
    keduax…maukah ibu menjadi istlahnya donline saya karena saya april lulus dan saya sekarang sedang kuliah di unissula jurusan hukum..
    ketigax…saya masih bingung tentang benang merah antara pengangkatan anak dan pengakuan anak..karena skripsi saya adalah kedudukan anak luar nikah..
    jika kita liat secara seksama hampir sama tapi bedanya di indonesia belum ada aturan yang menatur tentang pengakuan anak..

    *Pertama….saya sempat bingung….ko Alfin bisa kasih komentar….
    Kedua…donline apa nih ? oh…semoga cepet lulus ya ? doa saya selalu…
    ketiga…Pengangkatan anak itu gak sama dengan pengakuan anak…karena pengakuan anak sesungguhnya anak itu adalah anak kandung dari pria yang menjadi orang tuanya…si anak lahir karena tidak didalam ikatan perkawinan orang tuanya.*

  8. Saya kira pengangkatan anak asalkan memiliki itikat baik dan bertanggungjawab, maka silahkan saja dilaksanakan dengan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Rubrik ini sangat penting.

  9. Halo mbak,

    toloooonnggg !! saya berniat adopsi ponakan tapi suami saya orang Inggris kira-kira bisa ngga ya ? suami saya Islam sejak menikah 6 tahun yang lalu

    Please help … si anak saat ini di Bengkulu, ada kenalan pengacara disana ngga yang bisa mewakili saya untuk menangani pengadopsian

    Terima kasih banyak

  10. tolooooooong ,saya ingin mengadopsi anak indonesia,suami saya orang perancis,kami sudah 8 tahun menikah,dan kami tidak di karuniani anak dan kita tinggal di paris,ada kah seorang pengacara yang mau menolong kami

  11. mba listiana, ak mau tanya kalo untuk mendapatkan surat keterangan adopsi anak itu di perlukan biaya berapa? terus terang saya baru di kasih anak oleh orang tua yg kurang mampu membiayai anak tersebut.hanya saya bingung bagaimana mengurus surat2 nya.tolong dijawab ke e-mail ku y mba..

    terima kasih

  12. Yth. Mbak Listiana, mohon penjelasannya mengenai proses pembuatan akte kelahiran untuk anak yang sudah saya adopsi dan sudah ada surat keputusan dari Pengadilan Agama. Saat ini sudah saya coba mulai prosesnya di catatan sipil, tapi ternyata syaratnya macam2 dan prosesnya cukup sulit.
    Mohon penjelasannya. Terima kasih banyak sebelumnya.

  13. Saya seorang mahasiswa yg sedang membuat tugas akhir dengan judul “hak dan kedudukan anak angkat menurut hukum adat batak dan uu no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak”.tapi saya bingung dengan contoh konkritnya,,apakaha bisa membantu?Terima kasih sebelumnya…

  14. makasih ya..
    tulisannya telah membantu aku dalam ngerjain tugas.
    Makin sering lagi dong buat tulisan,
    siapa tau bisa membantu aku lagi..
    kan beramal..

    he..he..

  15. saya berencana ingin menulis skripsi mengenai kewenangan pengadilan agama mengenai adopsi anak..maaf apakah anda tahu undang-undang/ dasar hukumnya..terimakasih atas bantuannya..

    Bukankah dalam islam tidak dikenal adopsi?lalu saya juga ingin tahu mengenai akibat2hukumnya kalau tidak merepotkan..

    terimakasih sebelumnya

  16. Hallo Mbak Listiana,

    Saya melihat salah satu tanggapan dari pembaca tentang single parent (woman) adoption, apakah mbak punya informasi lebih lanjut dari proses itu? dan apakah prosedur dan dokumen yg dibutuhkan sama spt kalau pasangan suami istri yg mengangkat anak?.

    Lalu, kira2 berapa lama proses pengurusan dari awal sampai mendapat pengesahan dari kantor catatan sipil dan berapa biayanya??

    Maaf yah mbak nanya-nya banyak..:)) Tolong di jawab ke email saya yah mbak.. terima kasih sebelumnya..

  17. assalamu’alaikum w.w.
    mbak listiana yth, makasih deh informasinya,hanya saja mengenai pengajuan permohonan tersebut melalui PA setempat,dalam arti PA di mana anak dilahirkan (domisili orangtua kandung) atau PA di mana kami (orangtua angkat)berdomisili? mohon penjelasan! Dan berapa lama (estimasinya) proses tersebut berlangsung? maturnuwun, Jazakumullah khairan!
    wassalamu’alaikum w.w.
    masykur dan hastuti

  18. Dear mba Listiana

    Minta solusinya dong. Saya sudah mengadopsi anak dari lahir, saya sih mengurusnya sejak dalam kandungan umur 8 bulan. sekarang anak saya umur 10 bln. namun sampai saat ini saya hanya punya surat perjanjian dan surat penyerahan anak. saya bingung gimana bikin akte kelahirannya. menurut bidan2 disini harus ada fotocopy ktp, akte nikah dr ortu kandungnya. sedangkan ortu kandungnya sendiri sudah lama menghilang no telfon dia dan keluarganya sudah tidak aktif semua. saya benar2 kehilangan contact. apa yg harus saya lakukan untuk mendapatkan akte kelahiran anak saya. terima kasih

  19. Yth. Mba Listiana..
    Ass, Salam kenal Mba, sy dr batam mba.. sy memelihara anak laki – laki dari saudara suami yg berdomisili di bekasi, saat ini anak tersebut sudah berada bersama kami di batam. Saat ini surat yang kami pegang hanya akta lahir anak dan surat pernyataan dari kedua ortu si anak., krn awalnya memang ingin membantu saudara, lalu apabila kami ingin mengurus surat adopsi, surat pengajuan ke pengadilan agama tersebut diajukan di bekasi atau di batam ya mba.. lalu seperti apa sih bunyi dan bentuk akta pengangkatan anak itu mba…
    Kemudian setalah surat penetapan itu ada, status anak tersebut dalam kepengurusan surat2 sperti dalam KK, data di sekolah dan surat2 resmi lainnya nanti status anak tersebut sebagai anak angkat ya mba??
    trimakasih banyak jawabannya
    Wass

  20. hi mba listi,
    saya mau tanya nih…10 thn yang lalu saya mengasuh anak (sejak berusia 7 bulan)dimana anak tersebut di serahkan oleh ayahnya yg adalah teman adik saya.niat awalnya hanya menitipkan sementara karena sang ibu bekerja sebagai TKI.sekarang ibu anak tsb tdk pernah muncul,jd saya hanya berhubungan dengan ayah anak tsb.yg saya mau tanyakan adalah bagaimana prosedur pengangkatan anak yg hrs dilakukan jika dokumen yg saya punya hanya akte fotokopi (status anak tsb adalah anak diluar nikah),kalau ke pengadilan apakah hrs bersama sang ayah?dimana ayah anak tsb pastinya tdk akan berkenan karena takut anak tsb mau mengakuinya lg.
    tolong bantuannya…
    terima kasih

    @Mbak Yanti : Untuk mengadopsi anak diluar nikah tentunya harus berhubungan dengan ibu kandungnya, karena yang tertera didalam akta kelahiran adalah anak dari seorang ibu bernama (….), sehingga apabila akan diaposi harus bertanya atau mendapat persetujuan dari ibu kandungnya, wah kasihan nasib anak tersebut ya pasti sampai sekarang dia belum menjadi warga negara Indonesia karena tidak tercatat dalam kartu keluarga baik ibu kandungnya, ayah kandungnya maupun calon orang tua angkat. Tapi coba ke Pengadilan mungkin ada terobosan yang bisa dilakukan untuk mengadopsi anak tersebut, tentunya si anak sekarang berusia 10 th ya ? Kalau Pengadilan setuju untuk menetapkan pengangkatan anak, mungkin mbak Yanti harus mendapat persetujuan dari Dep Sos.

  21. mbak sy mau tanya bagaimana klu kita adopsi anak tanpa keputusan pengadilan. akta langsung dibuat lgs sbg anak kandung. apakah ada dampak hukum dikemudian hari? bisakah anak adopsi masuk kdlm daftar gaji kita?

    @Arie : Adopsi tentunya harus melalui penetapan Pengadilan, kalau tidak melalui Penetapan Pengadilan nanti disamakan dengan pencurian anak ? hayo…gimana ? Tentu saja anak adopsi yang resmi dapat masuk kedalam daftar gaji…

  22. Selamat siang bu listiana lestari.

    Saya mau minta tolong, boleh…?

    saya cuma mau tau contoh Surat Adopsi untuk anak itu seperti apa ya..

    terima kasih

    @axelle muhiyaro : Surat Adopsi itu surat gugatan atau surat penetapan atau bunyi akte Kelahiran dari anak yang di adopsi ?

  23. Ass. wr. wb.
    Saya dan istri ingin mengangkat (mengadopsi) anak dari keponakan istri saya yang saat ini berusia 3,5 th.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apa saja dokumen yang harus saya dan istri siapkan
    untuk mengadopsi anak ?
    2. Berapa perkiraan biaya untuk mengurus surat adopsi
    anak (masih keluarga) dan berapa lama prosesnya ?
    3. Setelah si anak sah saya adopsi, apakah masih ada hak
    dan kewajiban orang tua kandungnya terhadap si anak
    (perempuan) yang masih harus dipenuhi atau putus sama
    sekali ?
    4. Saat ini saya belum mempunyai anak. Bila kemudian
    saya mempunyai anak apakah hak dan kewajiban anak
    adopsi sama dengan anak kandung saya ?
    5. Setelah si anak sah saya adopsi apakah ada perubahan
    pada data administrasinya ( akte lahir) atau tetap
    (sama seperti sebelum saya adopsi) ?
    Mohon penjelasannya.

    Sebelumnya saya ucapkan terila kasih

  24. Assalamu alaikum mba saya mw nanya, saya ingin mengadopsi anak dari seorang anak gadis diluar nikah, laki-laki dari anak tsb melarikan diri sedangkan gadis itu msh SMU, bagaimana caranya mengurus akta lahirnya, diakta lahir itu nama siapa yg ditulis, apakah nama kami ortu adopsinya atau bagaimana, saya bingung, trus surat keterangan lahir dari bidan bagaimana, tolong saran dan jalan keluarnya. Mba mohon dijawabnya lewat email saja ya, terima kasih banyak. Wassalam

  25. saya blm 1 thn menikah. istri serta anak saya meninggal sat melahirkan. sy lbih igin mengadopsi anak daripada menikah lagi . bisakah saya menjadi ortu angkat? klo bs apa saja persaratan utamanya, mohon balasannya . terima ksih banyak

  26. Ass. Wr. Wb.
    Mbak Listiana, saya mempunyai seorang anak hasil adopsi (melalui pengadilan agama). Yang ingin saya tanyakan, diijazah sekolah anak saya nanti, bisakah saya menuliskan nama suami sebagai nama orang tua? Atau nama siapa yang seharusnya ditulis sebagai orang tuanya dalam ijazah sekolah? Jazakillah.
    Wass. WR. Wb.

  27. saya Henry berumur 32 tahun dan sudah menikah selama 2,5 tahun. Sampai saat ini kami belum dikaruniakan anak yg dimana sebagai impian buah kasing sayang kami. Kami berharap ada saudara-saudara dapat membantu kami untuk berikan seseorang bayi anak perempuan yg berumur max 3 minggu dan bertubuh sehat+putih (disesuaikan karena kulit kami berdua putih). Bagi saudara2 yg dapat membantu kami, menghubungi kami di nmr telpon 021-85554558/08567899989. Terima kasih banyak sebelumnya…

  28. saya kiran umur 26 tahun,saya dan suami ingin sekali mengadopsi bayi yang umurnya 0-5 bulan,kami berharap ada yang bisa membantu kami,bagi yang tau informasi mohon hubungi saya di nomor 083194079466 .terima kasih banyak sebelumnya.

  29. adakah yg ingin mengdopsi byi msh dkandungan usia 7 bln,bilamna ad yang ingin mengadopsi ank tersebut hub sya 085741064101 ina

  30. mba Listiana saya mau tanya, apabila kita mau mengajukan permohonan surat Adopsi ke Pengadilan Negeri mana, apakah tempat asal bayi tersebut atau tempat tinggal orang tua adopsi?terima kasih mba

  31. Di Pengadilan di tempat calon ortu angkat bisa, ditempat calon anak angkat juga bisa. Tentunya dipilih mana yg sekiranya lebih cepat, biaya murah dan persyaratan yg tidk bertele-tele.

    Listiana

    Listiana Advok

  32. Ibu Nani yang baik,
    Beribu maaf, karena baru hari ini saya membalas pertanyaan ibu, betul sekali bila ibu tetap harus mengurus lagi di Indonesia, artinya sebagai seorang anak yang belum memiliki kewarganegaraan di Indonesia tetap dicatat, apalagi anak tersebut akan menetap dan sebagai warga Indonesia dia harus memiliki dokumen yang sah di negara ini. Hal ini untuk melindungi anak tersebut.

  33. Selamat Sore Bu, Saya masih single dan saya ingin mengangkat keponakan saya sebagai anak karena ibu dari si anak sudah pergi meninggalkan anak ini dan bapak anak ini pengangguran.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apa saja dokumen yang harus saya siapkan
    untuk mengadopsi anak ?
    2. Berapa perkiraan biaya untuk mengurus surat adopsi
    anak (masih keluarga) dan berapa lama prosesnya ?
    3. Setelah si anak sah saya adopsi, apakah masih ada hak
    dan kewajiban orang tua kandungnya terhadap si anak yang masih harus dipenuhi atau putus sama
    sekali ?
    4. Saat ini saya belum mempunyai anak. Bila kemudian
    saya mempunyai anak apakah hak dan kewajiban anak
    adopsi sama dengan anak kandung saya ?
    5. Setelah si anak sah saya adopsi apakah ada perubahan
    pada data administrasinya ( akte lahir) atau tetap
    (sama seperti sebelum saya adopsi) ?
    Mohon penjelasannya.

    Sebelumnya saya ucapkan terila kasih

    Mohon di balas ke email saya. thx🙂

  34. Assalamu alaikum wr wb
    Sya fina umur 17 tahun tinggal di makassar yang sbentar lagi insya allah lulus SMA tpi orng tua sya tdk mampu membiayai kuliah sya apalagi sya mau mengambil program bisnis internasional di univef. budi luhur jakarta dan hrganya itu tdk murah mka dri itu sya mohon jka ada bapak/ ibu yang ingin mengankat sya jadi anak mohon hubungi sya di email ( putryamalia805@gmail.com)

  35. Mohon bantuannya, sy mau masukin data anak angkat sy dlm KK, yg sy ragu apakah pd kolom nama org tuanya nama sy dan suami atau org tua kandung? Aktenya sdh keluar dgn dicantumkan kutipan pengangkatan dr pengadilan agama, mohon bantuan ya bu… terima kasih.

  36. Assalamu’alaikum bu, sy yg dl prnh bertanya soal nama org tua anak angkat dlm KK, tp menurut kntr capil nama org tua kndung yg dicantumkan, bisakah ibu membantu sy memberikan dsr hukum permasalahan ini, ibu psti mengerti hal ini ckp penting bg kami, terima kasih sblmnya bu,

  37. saya ingin mengadopsi ponakan dari istri saya. saya sekarang berdomisili di Toronto,Kanada.Proses di Kanada sedang dalam proses. Bagaimana proses yang harus saya lalui utk legalitasnya di Indonesia.

  38. Apa yg harus lakukan jika ingin mengadopsi anak dari saudara sendiri agar bs masuk kk saya krn si saudara saya hamil diluar nikah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s