Pengakuan Anak(Erkenning)

Suatu hari ada seorang datang menanyakan perihal anak yang di lahirkan di luar perkawinan apakah dapat diakui oleh ayahnya ?

Menurut sistem yang dianut oleh BW(Burgerlijk Wetboek) dengan adanya keturunan di luar perkawinan saja belum terjadi suatu hubungan keluarga antara anak dengan orang tuanya. Barulah dengan “Pengakuan” (erkenning) lahir suatu pertalian kekeluargaan dengan akibat-akibatnya (terutama dalam hak mewaris) antara anak dengan orang tua yang mengakuinya. Tetapi hubungan kekeluargaan antara anak dengan keluarga si ayah atau ibu yang mengakuinya belum juga ada. Hubungan ini hanya dapat diletakkan dengan “pengesahan” anak (wettiging) merupakan tindak lanjut dari adanya “pengakuan”.

Syarat dari diajukannya pengesahan, diharuskan kedua orang tua yang telah mengakui anaknya, kawin secara sah. Pengakuan yang dilakukan pada hari pernikahan juga membawa pengesahan anak. Apabila kedia orang tua yang telah kawin belum melakukan pengakuan terhadap anaknya yang lahir sebelum pernikahan, pengesahan anak itu hanya dapat dilakukan dengan surat-surat pengesahan oleh Kepala Negara. Dalam hal ini Presiden harus meminta pertimbangan Mahkamah Agung. Pengakuan anak tidak dapat dilakukan secara diam-diam, tetapi harus di muka Pegawai Pencatatan Sipil, dengan pencatatan dalam Akta kelahiran anak tersebut, atau dalam akte perkawinan orang tuanya(yang berakibat pengesahan) atau dalam suatu akte tersendiri dari Pegawai Pencatatan Sipil, bahkan dibolehkan juga dalam akte notaris.

Bahwa Undang-undang tidak membolehkan pengakuan terhadap anak-anak yang dilahirkan dari perbuatan zina (overspel) atau yang dilahirkan dari hubungan antara dua orang yang dilarang kawin satu sama lain.

Listiana Advokat.

Ref.: “Pokok-pokok Hukum Perdata” oleh Prof. Subekti, S.H.!1ibu dan apin

2 thoughts on “Pengakuan Anak(Erkenning)

  1. Tulisan mbak sangat menarik untuk dibaca, walau kadang saya ga gitu ngerti dgn istilah2 hukumnya yg agak londo itu lho hehehe. Namun begitu ilmu pengetahuan akan bermanfaat ketika disebarluaskan dan beberapa orang ada yang mengambil pelajaran dari situ **termasuk saya tentunya🙂
    Suatu saat nanti, insya Allah saya akan ngikuti jejak mbak yang gemar membagi ilmu yang bermanfaat.
    Hanya Allah saja yang bisa membalas jasa kebaikan mbak.
    Thanx ya mbak dan semoga sukses dan penuh dengan kebaikan dalam kehidupan dunia dan akhiratnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s