CINTA, TAPI KO ADA KEKERASAN ?

Masalah cinta dalam usia remaja, sering dihubungkan dengan pacar atau pacaran. Pacaran adalah hubungan cinta antara laki-laki dan perempuan yang diikat dengan suatu komitmen/janji-janji tertentu. Sesungguhnya pacaran adalah saat yang dilalui oleh sepasang kekasih untuk saling mengenal lebih dekat. Idealnya harus ada perasaan saling memahami, saling memberi semangat, saling menjaga, intinya melakukan hal-hal yang positif. Tetapi prakteknya kadangkala bertentangan, sehingga timbul bentuk pacaran yang negative.

Pacaran yang negative mengandung unsur kekerasan. Mengapa demikian ? Kadang, hubungan kebersamaan dilandasi pula oleh perasaan memiliki yang begitu kuat, bahkan sampai ingin menguasai. Perasaan memiliki dan menguasai ini akhirnya menghambat perkembangan diri pasangan, ini salah satu akibatnya. Akibat yang lain pasangan menjadi kuper (kurang pergaulan). Pacar yang sering melarang dan membatasi tidak akan mencapai masa yang indah, romantis dan  bahagia. Tindakan menguasai ini sudah disebut dengan kekerasan karena kekerasan itu sendiri menurut Deklarasi Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan adalah setiap tindakan yang berakibat pada kesengsaraan dan penderitaan secara fisik, mental atau seksual pada korbannya.

Ternyata tindakan memiliki dan menguasai itu dampaknya berat ya… jadi gimana dong dengan cinta? Apakah dalam cinta tidak boleh ada perasaan memiliki ? karena titik awal dari timbulnya kekerasan ternyata dari parasaan ingin memiliki yang kemudian ingin menguasai, yang pada akhirnya jadi melukai. Oleh karenanya pada fase pacaran sebaiknya :

  1. 1. menyadari bahwa setiap pribadi seseorang berhak mengatur dirinya sendiri, jangan saling merendahkan satu sama lainnya.
  2. 2. bersikaplah asertif ( mampu mengatakan “Ya” apabila “ya” dan “tidak” apabila memang “tidak” tanpa takut dan berniat untuk menyakiti orang lain).

Semoga dengan pengertian dasar inilah Kekerasan dimasa pacaran tidak terjadi.

Listiana Advokat. LBTGRS2

3 thoughts on “CINTA, TAPI KO ADA KEKERASAN ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s