BERHUTANG UNTUK MELAKSANAKAN HAJI

Sebagian orang tidak kuasa berhaji karena tidak mempunyai uang atau ongkos, lalu yang bersangkutan berhutang untuk tujuan berhaji, bolehkah hal tersebut menurut syariat ?

Orang yang diwajibkan berhaji jika baginya mempunyai uang belanja (nafkah), perbekalan, kendaraan (membayar ongkosnya), keadaan perjalanan tersebut aman dan lainnya. Jika dalam Al Qur’an disebutkan bahwa orang yang berhaji itu hanyalah diwajibkan bagi mereka yang mampu, dengan demikian mereka yang tidak berharta tidak diwajibkan untuk berhaji.

Menurut riwayat Baihaqi dari Abdullah bin Abi Aufa mengatakan : “Saya menanyakan pada Rasulullah saw tentang orang yang tidak berhaji, bolehkah berhutang (meminta pinjaman) bagi orang yang akan berhaji ? Nabi menjawab : Tidak boleh “

Dalam kitab Almuhadzdzab bahwa seseorang yang berharta lalu kuasa berhaji maka ia harus berhaji. Sedang orang yang berharta tetapi mempunyai hutang yang harus dibayar, maka baginya harus membayar hutangnya dan tidak wajib berhaji, baik hutang itu harus dibayar cepat atau lambat. Orang yang memiliki hutang maka yang bersangkutan harus membayarnya segera. Haji harus atau wajib dilaksanakan dengan perasaan senang, dengan ketentuan mendahulukan membayar hutangnya daripada melaksanakan hajinya.

Jika seseorang perlu kepada harta atau uang yang akan digunakan untuk berdagang dengan tujuan agar nantinya bisa menutupi belanja yang dikehendaki olehnya maka baginya tidak harus berhaji. Begitu pula jika perlu rumah untuk ditempati atau seorang pelayan yang akan membantunya atau seorang wanita yang akan dijadikan isterinya, maka terhadap kebutuhan-kebutuhan tersebut ia masih tidak diperlukan untuk berhaji.

LISTIANA ADVOKAT.

Dikutip dari :”Himpunan Fatwa” Prof.Dr. Ahmad Syarabasyi.



4 thoughts on “BERHUTANG UNTUK MELAKSANAKAN HAJI

  1. Hm…tetapi mudah-mudahan ada yang bayarin buat naik haji biar gak ngutang hihik siapa tahu dapat rejeki nomplok,mungkin saja kan ? misalnya hadiah dari Telkomsel

    (ngelamun):smile:

  2. Bayar utang itu wajib, ibadah Haji itu jg wajib..Asal mampu, jd klo ga mampu mending ga usah naik haji ap lg duitnya bole ngutang😀 begitu kali yah kira2 bhsa awamnya.
    Lam knal mba atau mas disini ,aku lg kebetulan lewat aj nie.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s