Memilih Jodoh

 

Dalam membina kehidupan berumah tangga, ada salah satu proses yang teramat penting yaitu proses pemilihan kawan hidup. Barang siapa mampu atau berhasil memilih kawan hidup yang baik, berarti ia telah dapat menentukan langkah penting dalam meraih kebahagiaan yang didambakannya.

 

Logis bila Islam mencanangkan kewaspadaan dalam memilih kawan hidup, karena hal tersebut demi kebahagiaan hidup manusia. Oleh karenanya didalam Islam juga ada ajaran atau tuntunan tentang memilih jodoh atau kawan hidup.

 

Jarak antara model pemilihan dengan tuntunan Islam merupakan parameter yang akurat terhadap tingkat keberhasilan atau kegagalan kehidupan suami isteri, Garis besarnya dalam tuntunan Islam adalah keharusan untuk saling mengenal antara kedua belah pihak.

 

Saling mengenal disini tidak hanya terbatas pada pengenalan postur dan rupa masing-masing saja, tetapi lebih jauh dari itu, kedua belah pihak juga harus mengenali kecenderungan, kejiwaan, persepsi dan cara berpikir calon pasangannya, sehingga masing-masing dapat mempertimbangkan secara matang dan sudah bisa menduga dapat tidaknya hidup bersama calon pasangannya dengan penuh kecocokan dan keserasian.

 

Standar paling penting untuk mencapai kecocokan dan kemantapan dalam hidup bersama adalah persamaan paham dan nilai, arah tujuan dan persepsi (pemikiran), tabiat dan watak, hobi dan kecenderungan, serta pandangan hidup secara umum.

 

Walaupun tidak disadari, unsur2 di atas telah mengisi kepentingan kedua belah pihak, sebab kebahagiaan dan kesejahteraan kehidupan suami isteri hanya dapat dicapai dengan adanya keseimbangan (kesetaraan), kecocokan (keserasian), dan keseiasekataan (seiring sejalan).

 

 

Listiana Advokat.

Referensi buku : “Sulitnya berumah tangga” oleh Muhammad Utsman Alkhasyt.

 

4 thoughts on “Memilih Jodoh

  1. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

  2. sekedar berkomentar.. teori di atas sangat bagus dan memang sangat ideal, namun banyak problem saat ini, jika semua hal diatas sudah dapat berjalan akan tetapi dukungan dari lingkungan terdekat sulit di dapatkan, itu yang banyak membuat orang indonesia sekarang ini menjadi mudah membuat keputusan yang sangat merugikan, selain dari yang harus dilakukan di atas, dukungan-dkungan sosial yang berada di lingkup terluarnya harus terbentuk secara positif terlebih dahulu….. yang sudah dituliskan diatas sangat bagus…. hanya untuk usul.., bolehkah di munculkan artikel tentang dukungan-dukungan sosial yang mendasari perilaku manusia untuk dapat berperilaku positif untuk dirinya dan juga lingkungannya… terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s