Ramadhan Bulan Istimewa

Ramadhan tahun lalu telah kita lalui. Harapan yang ada dalam diri kita adalah dapat menjumpai ramadhan pada tahun berikutnya. Insya Allah sebentar lagi kita akan bertemu lagi dengan bulan yang kita tunggu-tunggu. Semoga Allah Swt memberikan kita usia untuk berjumpa dengan ramadhan tahun ini.

Di bulan ramadhan, ada beberapa keistimewaan yang akan menjadi satu dorongan bagi kita untuk meraih keberuntungan yang tidak ternilai harganya.

* Bulan Al Qur’an : adalah bulan yang didalamnya diturunkan al- Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang haq dan yang bathil. (QS Al-Baqarah :185)

*Surga dibuka, neraka ditutup, Setan dan jin terbelenggu. : pada bulan ramadhan Allah telah menyediakan pahala yang agung dan juga membentangkan ampunan serta rahmat Nya. Pada bulan ini pula Allah membuka pintu ketaatan, sebagai wasilah untuk menuai keberuntungan yang akan mengantarkan seseorang pada kenikmatan surga Nya. Sebagaimana sabda Nabi Saw :”Jika datang bulan ramadhan dibukalah pintu surga dan ditutup pintu neraka, dan setan terbelenggu” (HR Bukhari 4/97; Muslim 1079).

* Dosa terampuni :”Barangsiapa berpuasa ramadhan dengan iman dan mengharap pahala Allah, maka diampuni dosanya yang telah lampau”(Muttafaq”alaih). Ibadah ramadhan yang dikerjakan dengan baik akan mendatangkan keuntungan besar, yaitu dengan diampuninya dosa-dosa kita dimasa lalu oleh Allah Swt, selama tidak melakukan dosa-dosa besar. ( menduakan Allah).

Kesempatan yang berharga ini hendaknya jangan sampai terlewatkan begitu saja. Belum tentu pada bulan ramadhan berikutnya kita dapat menemuinya. Umur dan kesempatan hanya sekali.

Selain itu bahwa pada dasarnya puasa khususnya pada bulan ramadhan mempunyai makna yang sangat besar. Semoga Allah Swt memberikan kita kekuatan, pertolongan serta kesempatan. Sehingga pada bulan ramadhan nanti kita dapat mengambil keuntungan yang lebih besar. Amin.

Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan, mohon maaf lahir dan batin, semoga Allah menerima semua ibadah yang kita kerjakan, dan melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah Nya untuk kita semua Amin.

Listiana Advokat.

3 thoughts on “Ramadhan Bulan Istimewa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s