BERLEBIH-LEBIHAN (ISRAF)

Wahai anak adam (manusia) ambilah pakaianmu ketika hendak memasuki masjid (sholat), makan dan minumlah dan jangan engkau berlebih-lebihan, karena Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan” (QS al-A’raf : 31).

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kepada umat manusia untuk memanfaatkan rizki yang Allah telah anugerahkan kepadanya, salah satunya dengan makan dan minum, dan semua yang telah Allah halalkan untuk manusia tanpa berlebih-lebihan.

Sebagian ulama menyatakan, “Banyak manfaat yang didapat pada seseorang yang sedikit (sekedar memenuhi kebutuhan) makan dan minum. Diantaranya, ia terhindar dari penyakit yang membahayakan, cerdas hati dan pikirannya”. Oleh karena itu, sungguh indah apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah Saw, “Sebuah keburukan, ketika seseorang memenuhi perutnya dengan makanan. Maka sekiranya cukup ia dapat menguatkan tulang punggungnya. Oleh karena itu, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum, dan sepertiga untuk nafas”.(HR Tirmidzi).

 Batas-batas berlebihan ada 3 menurut Syekh Nashir as-Sa’di :

  1. Menambah-nambah diatas kadar kemampuan, dan berlebihan dalam hal makan, karena makan setelah kenyang dapat menimbulkan dampak negatip pada struktur tubuh manusia.

  2. Bermewah-mewah dalam makan, minum dan lain-lain.

  3. Melanggar batasan-batasan Allah SWT, dengan menghalalkan yang telah Allah haramkan atau sebaliknya.

Dalam menyikapi masalah ini, Allah SWT memberikan bimbingan pada kita dalam firman Nya :”Dan orang-orang yang apabila meng infaqkan (hartanya), mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula terlalu menahannya (bakhil), tetapi yang mereka lakukan adalah pertengahan (antara keduanya)” (QS al-Furqan :67).

Kesimpulannya bahwa berlebih-lebihan (israf) akan banyak menimbulkan dampak negative, yang itu tidak kita inginkan. Yang jelas pada prinsipnya, Islam tidak membolehkan perbuatan israf.

Listiana Lestari.

Dari : Swara Quran No.5 Th.II.

8 thoughts on “BERLEBIH-LEBIHAN (ISRAF)

  1. terima kasih mbak atas masukannya, dan informasinya penting sekali. Mbak saya telah menikah minta tolong donk di sharing masalah pernikahan dan rumah tangga serta pendidikan anak, biar kita bisa menimba ilmu darinya.

  2. Api klo kecil buat masak! klo berlebih bisa kebakaran!
    air klo sedikit bisa dibuat minum, klo banyak bisa kebanjiran! sepakat dengan pendapat diatas

  3. Buat mas Ario….selamat ya semoga Allah senantiasa melimpahkan Rahmat dan baroqahnya untuk kalian berdua….amin. sharing tentang masalah pernikahan …? boleh boleh saja……banyak sih…masalah masalah dalam rumah tangga tapi kadang orang berbeda dalam menerima masalah….jadi….jalani dulu deh….lagi mesra2nya ko….jangan pikir masalah deh…

  4. Tragedi zakat di Pasuruan, yg mngakibatkan 21 org meninggal dunia apakah termasuk Israf juga.. ? Mohon penjelasannya.. mbak. Thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s