SEMANGAT BERIBADAH

Dari Ibnu Abbas ra,. ia berkata :”Rasulullah Saw adalah orang yang paling semangat dalam beribadah, lebih-lebih pada bulan Ramadhan dimana beliau selalu ditemui Jibril, dan setiap malam Jibril datang untuk membacakan Al-Qur’an. Jika Rasulullah Saw bertemu Jibril lebih semangat dalam melakukan amal kebajikan, daripada angin yang bertiup”. (HR Bukhari dan Muslim).

Dibulan ramadhan Rasulullah telah mengajarkan untuk lebih memperbanyak amal-amal kebajikan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain, tentunya dilakukan dengan dasar keimanan dan kesabaran hanya mengharap ridha Nya semata.

Seperti yang disebutkan didalam hadits “Puasa dan al-Qur’an memberi syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata : “Ya Allah, aku melarangnya makan dan minum pada siang hari” Al-Qur’an berkata :”Ya Allah aku melarangnya tidur di malam hari, maka izinkanlah aku memberi syafa’at kepadanya” (HR Ahmad dan Nasai).

Jiwa yang bersih akan membuat seseorang tidak mengutamakan dan memikirkan dirinya sendiri, seperti halnya Nabi Saw jika masuk sepuluh malam terakhir beliau mengajak dan membangunkan keluarganya untuk melakukan shalat malam.

Sungguh sosok teladan yang menakjubkan, memiliki semangat beribadah yang tinggi namun tidak melampaui batas apalagi berlebihan.

Persiapkan sejak sekarang untuk memasuki bulan suci yang penuh barokah, bulan ramadhan. Semoga Allah SWT masih memberikan kesempatan kepada kita untuk berjumpa lagi dengan bulan ramadhan dan menjalankan ibadah dengan penuh semangat. Amin ya rabbal’alamin.

Listiana Advokat.

5 thoughts on “SEMANGAT BERIBADAH

  1. pas masuk sini, ada yang menyemangati untuk beribadah…. hoalaaaahhh sejuuuuuk tenan, insya Allah, bulan ramadhan masi 2 bulan lagi, masi cukup untuk kita bersiap2, fisik, mental, dan sangu tentunya…. agar pas waktunya nanti, kita benar2 bisa melaksanakan dengan sebaik2nya, amiiin.

  2. Semangat menghadapi Ramadhan nya terasa kental sekali. Rindu ya bu sama bulan penuh hikmah itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s