Nusyuz(Perbuatan Mengabaikan)

Nusyuz artinya : Tinggi diri, menolak taat, menentang, menjengkelkan.
Dalam ajaran Fiqih nusyuz terbagi 4 :
1. Isteri menolak berdandan sedang suami menghendakinya
2. Isteri menolak ajakan seksual suami
3.Isteri keluar rumah tanpa seijin suami
4. Isteri meninggalkan kewajiban ibadah.

Islam mengajarkan untuk mengambil tindakan seawal mungkin untuk menghilangkan nusyuz ini yakni :
Pertama :

Mengingatkan dan mengalihkan perhatian secara bijak, memberi nasehat yang baik dan mengajak diskusi dengan cara yang paling baik.

Kedua :

Bila isteri tidak dapat disadarkan dengan nasehat maka digunakan cara sebagaimana diatur dalam Al Qur’an s. An Nisaa 34 : “dan pisahkanlah dirimu dari tempat tidur mereka” Ayat ini bukan berarti meninggalkan tempat tidur atau rumah, tetapi sekedar membelakangi isterinya waktu tidur dan tidak menghadap kepadanya. Kalau isteri masih mencintai suaminya dia akan merasa sedih dengan adanya pemisahan itu. Tetapi ingat jangan berlebihan karena tidak diijinkan Allah SWT, dengan tetap bersama dalam 1 ranjang dimungkinkan dapat membangkitkan kembali perasaan sebagai suami isteri.

Ketiga :

Jika usaha ini tidak juga menyadarkan isteri maka gunakan cara ke 3 yakni “pukulah mereka.

Untuk melakukan ke 3 langkah ini perlu adab dan kesopanan diantaranya tidak boleh ada orang lain yang mengetahuinya baik itu anak sendiri, keluarga dekat maupun keluarga jauh, hanya suami isteri yang bersangkutan saja yang tahu. Tidak boleh dihadapan anak2 karena akan berpengaruh buruk bagi perkembangan mental dan bagi pandangan mereka terhadap orangtuanya. Kondisi tersebut akan meruntuhkan harga diri isteri dan mengkin malah dapat mendorongnya tetap bertahan dalam pembangkangan dan perlawanan.

Oleh karenanya berhati-hatilah…semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua.

Listiana Lestari.

10 thoughts on “Nusyuz(Perbuatan Mengabaikan)

  1. pertama kali denger istilah ini waktu baca novelnya Ayat-ayat Cinta..🙂
    btw salah mbak linknya bukan eka gren tapi eka qren

  2. Aku pernah dengar nusyuz ini sering terjadi pada istri yg kebetulan juga bekerja dan punya gaji lebih tinggi dari suami, atau suami malah gak punya penghasilan. Ada juga karena istri berasal dari keluarga yg lebih berada dibanding suami. Mudah2an itu gak terjadi pada kita.

  3. makasih Mbak, sudah dilink Blog saya.
    btw, Kalo istri matrealistis sehingga memaksa suami terjerat dalam tindak pidana korupsi, itu bisa masuk kategori Nuyuz ga?

  4. minggu lalu aku lunch ama teman gak bilang2x suami. eeeee dia ngambek. bibirnya maju 5 centi😀

    kalo yg no 2, aku sering tuh, jeng. munggungi suami. soale aku lebih suka bobok ngadap kanan hehhehe

  5. haa???? pukul??? wow abuse tuh….ga boleh..

    klo soal tidur seh selera…kadang aku tidur dikamar sebelah, supaya hubby ngga keganggu tidurnya, ato karena aku masih pengin ndengerin musik…..
    bukannya kami brantem looh…tapi kadang manusia itu butuh “privasi”

  6. sy dan suami bekerja dan berputra1.kami tinggal di rumah ortu sy.Sebelum menikah,kami sepakat menetap di rumah ortu sy…Tiba2 muncul masalah antara suami dan ayah sy..bukan menyelesaikan masalh itu, suami sy malah mengajak sy pindah..sy menolak karna hal itu berarti pindah tapi tidak menyelsaikan msalah.Dan kami tidak pinadh…Apa sikap sy diaktegorikn nusyuz?
    suami sy jg suka berbuat gaduh ketika anak sy tidur,smentara sy keesokn harinya harus bekerja…sy tegur suami agar tidak gaduh,tapi dia tidak peduli….sy capek dg sikapnya…akhirnya sy bilang bahwa sy dan anak akan pindah tidur ke kamar lain,dan dia cuek saja…..dan lg kalau kami 1 kamar,dia lebih memilih tidur dbawah(tidak 1 ranjang ber 3)alasannya takut anaknya ketindih,itu katanya….dan akhirnya sy dan anak sy pindah ke kamar lain. Apakah ini nusyuz jg?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s