Contoh Permohonan Adopsi.

 

Hal : Permohonan Penetapan Pengangkatan Anak/Adopsi

Lamp. : Surat Kuasa.

 

Kepada Yth.

KETUA PENGADILAN NEGERI/AGAMA

Jl. Kapas

Di.

YOGYAKARTA.

 

Dengan hormat,

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, LISTIANA LESTARI, S.H., Advokat/Penasehat Hukum, berkantor di Komplek Dirgantara, Catur Tunggal, Yogyakarta. Bertindak untuk dan atas nama Pemohon 1. Ir. Lukito, PNS, beralamat di Komplek Pamulang, Tangerang ; Pemohon 2. Anna, ibu rumah tangga, beralamat Komplek Pamulang, Tangerang.

Dengan ini mengajukan Permohonan Pengangkatan Anak/Adopsi dengan alasan-alasan sebagai berikut :

  1. Bahwa para Pemohon telah melangsungkan perkawinan pada tanggal 4 Januari 1996 dan tercatat dalam Akta Perkawinan Nomor : …./Cs/G/96.
  2. Bahwa sejak perkawinan, para Pemohon telah mengangkat seorang anak bernama Oviana, yang saat itu  berusia 1 bulan, anak kandung dari seorang ibu bernama Fitriani, yang dilakukan secara hukum adat.
  3. Bahwa ibu dari anak tersebut tidak mampu untuk mengasuh, memelihara dan mendidik serta memberikan kebutuhan sehari-hari terhadap anak yang dilahirkannya.
  4. Bahwa ibu kandung dari anak tersebut adalah adik dari Pemohon 2
  5. Bahwa selama anak tersebut dalam pemeliharaan Pemohon, telah mendapatkan kasih sayang dari Para Pemohon seperti anak kandung sendiri.
  6. Bahwa Para Pemohon bersedia pula mendidik dan memberikan kepada Oviana hak-haknya sebagaimana anak kandung sendiri.
  7. Bahwa Para Pemohon mempunyai penghasilan tetap dan dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari untuk keluarga dan anak tersebut khususnya.
  8. Bahwa Para Pemohon saat ini dalam keadaan sehat rohani dan jasmani.
  9. Bahwa Penetapan Pengangkatan Anak dari Pengadilan Negeri Yogyakarta sangat kami perlukan agar kedudukan anak tersebut mendapatkan kepastian hukum.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas maka Para Pemohon, mohon kepada Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta berkenan untuk menetapkan sebagai berikut :

  1. Menerima dan mengabulkan permohonan Pengangkatan Anak/Adopsi yang kami ajukan.
  2. Menyatakan sah Pengangkatan anak yang dilakukan oleh Para Pemohon terhadap anak perempuan bernama Oviana yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 4 Desember 1995.

Demikian permohonan kami atas perkenan dan terkabulnya permohonan ini diucapkan terima kasih.

Listiana Advokat

About these ads

47 thoughts on “Contoh Permohonan Adopsi.

  1. Sip, tambah ilmu cara adopsi anak nih. Nampaknya bagus juga dilengkapi surat-surat lainnya yang menerangkan detail status dan hak serta kewajiban pengadopsi terhadap anak angkat dan sebaliknya.

    @ iya moga2 bisa memberikan sedikit wawasan…makasih komentarnya…

  2. hai mba…lama nih aku ga mampir..

    mba gmn kabarnya?? moga sehat selalu..

    infonya mantab mba…cm ada yg mo kutanyain nih…batas maksimal usia anak yg boleh diadopsi usia brp ya mba..

    coz ada temenku..dia punya mba pengasuh anak yg ikut dr sejak usia 12 th..agar sipengasuh ini bisa dibw kmn2 krn beliaunya dinas berpindah2 dr negara satu ke negara lain…mk mba pengasuh dia ini diangkat sbg anak angkat melalui pengadilan. Keuntungannya adl dg status si mba sbg anak angkat mk utk proses pengurusan visa menjd lbh mudah karna msk dlm kartu keluarga dia.

    yg aku tanyakan…dg pengangkatan si mbak sbg anak angkat..apakah dia jg berhak mendapat hak yg sm dg anak kandungnya

    maturnuwun jawabannya mba..

  3. Sebetulnya batas maksimal anak yang boleh diadopsi ya usia anak dibawah umur, sebab bila sudah dewasa tidak bisa lagi diadopsi, itupun pakai syarat sebelum diajukan permohonan disebutkan bahwa anak tersebut sudah diasuh dan dididik oleh orang tuaangkat sejak masih kecil dan dilaksanakan dengan upacara adat. Tentu saja anak angkat tidak sama haknya dengan anak kandung, anak angkat tidak dapat mewaris dari orang tua angkat, dia hanya dapat bagian 1/3 bagian bila tidak ada anak kandung, kalau ada anak kandung dia tidak mendapat baian apa2 karena dia sendiri tetap mendapat warisan dari orang tua kandung. Begitu ya…..

  4. Ass. ibu Listiana, terima kasih atas contoh surat permohonan adopsi nya. Saya memiliki keponakan yang telah berumur 3,5 tahun dan sang ayah telah meninggal sejak si anak berumur 8 bulan di kandungan si ibu, keponakan saya ini telah diikhlaskan ibunya menjadi anak saya, tetapi sampai saat ini belum dikukuhkan di pengadilan agama apakah itu harus? mengingat si anak adalah keponakan kandung saya? Trima kasih bu atas bantuannya. Wassalam

  5. Dear Ibu Listiana,
    Kemarin saya menghubungi Panti Asuhan Balita di bawah Department Sosial. Syarat2nya dan (mungkin) isi suratnya kok sepertinya berbeda. Mohon saran, berikut ini surat2 yg dipersyaratkan untuk proses adopsi anak:
    1. Surat Permohonan izin pengangkatan anak kepada Kadis Bintal & Kesos Provinsi –> surat dibuat Calon Orang Tua Angkat (COTA)
    2. Surat PErnyataan dari COTA
    3. Surat Pernyataan dari Keluarga suami & istri COTA
    4. Copy surat nikah
    5. SKCK COTA
    6. Surat Keterangan Kesehatan dari dokter pemerintah & puskesmas
    7. Surat Keterangan dari Dokter Ahli Kandungan atau Kebidanan
    8. Surat Keterangan Penghasilan COTA
    9. Copy KTP COTA
    10. Copy KK COTA
    11. Surat Keterangan Psikolog
    12. Akte Kelahiran COTA
    13. Surat Pernyataan wali nikah (bila adopsi anak perempuan)
    14. Usia istri minimal 30 tahun dan telah menjalani masa pernikahan 5 tahun.

    Mohon saran, apakah syarat2 tsb di atas baku ataukah mungkin ada info yg lain, karena saya mau adopsi anak. terima kasih atas bantuannya.

    salam
    Ivan

  6. selamat sore ibu…saya kebetulan aja mampir di sini..salam kenal ya bu…
    saya mau nanya nih…mengenai hak anak angkat atas waris,menurut yg pernah sy dgr…anak adopsi juga mempunyai hak waris dr orangtua angkatnya….mohon infonya ya ibu…terimakasih banyak sebelumnya

  7. Terima kasih sudah mampir ke blog saya, mengenai anak angkat/adopsi bila ditinjau dari hukum Adat memang mempunyai hak untuk mewaris dari orang tua angkatnya, karena dalam hukum adat, anak angkat sudah dilepas garis keturunannya dengan orang tua kandung. Tetapi dalam Islam anak angkat tidak dapat mewaris orang tua angkatnya, orang tua angkat hanya dapat memberikan sebagian hartanya melalui wasiat. Seorang anak angkat tetap menjadi ahliwaris orang tua kandungnya.
    Begitu ya…mudah2an sedikit agak jelas.
    Salam,
    Listiana Advokat.

  8. Assalamualaikum. salam kenal sebelumnya. Insya Allah bulan Oktober ini (2009)sy akan mengadopsi anak tetangga saya. Yang ingin saya tanyakan apa surat permohonan penetapan adopsi hrs dicantumkan/dibuatkan oleh seorang Advokat. Apakah surat tersebut tidak bisa dibuat seperti surat perjanjian biasanya. Kaya’nya repot banget hrs ke advokat segala.mohon penjelasan mbak listiana. Tks

    @Mbak Fifi : Surat Penetapan Adopsi harus melalui Pengadilan, karena Pengangkatan Anak mencakup hak dan kewajiban maka harus legal, bila hanya dibuat di bawah tangan, akan ada masalah bagi si anak itu sendiri, kasihan kan…apalagi sekarang sudah ada UU Perlindungan Anak, maka segala hal yang menyangkut ttg anak harus sesuai dengan peraturan hukum.

  9. Maaf mbak sebelumnya…. Setahu saya kata adopsi itu hanya dipakai untuk mengangkat anak keturunan China laki-laki. Itupun pada zaman dulu. Sekarang diganti dengan ‘pengangkatan anak”.
    Jadi kata adopsi tidak bisa dipakai. Yang benar adalah pengangkatan anak. Itu kata dosen saya di Fakultas Hukum UGM. Maaf kalau salah…. Thanks

  10. Assalamu’alaikum mbak… Salam kenal ya mbak…..
    saya butuh contoh surat kuasa untuk memberikan hak adopsi anak. punya postingannya mbak????
    Terima kasih ya mbak sebelumnya… Ditunggu lho…

    @Mbak Murni : insya allah usul saya usahakan…tunggu ya…

  11. salam hormat mbk,..

    sya ingin tanyakan apakah hak orang tua kandung (ayah) dapat dikesampingkan dlam proses adopsi anak kpada calon orng tua asuh,..

    Karna bnyak kita lihat saat ini pemberian hak asuh anak Berasal dari permasalahan ekonomi, perceraian dan ketidak pedulian orang tua kandung (ayah) trhadap tumbuh kembang nya anak itu,..

    Dan apakah orang tua kandung (ayah) dpat menuntut dikemudian hari karna istrinya telah memberikan hak asuh kpada orang lain atau kerabatnya tampa izin dan sepengetahuannya,..

    Mhon arahan nya mbk,.. Trima kasih

    @ehshan : Hak orang tua kandung tidak dapat dikesampingkan sama sekali, apalagi apabila si anak yang akan diangkat anak tsb anak dari hasil perkawinan (terlepas dari apakah orang tua kandung tsb bertanggung jawab atau tidak) sehingga apabila ada seorang anak yang akan diangkat anak oleh pasangan suami istri, ke 2 orang tua kandung harus mengetahui dan mengikhlaskan yang dibuktikan dengan surat pernyataan atau penyataan didalam persidangan.

  12. Ass,.

    makasih info tentang permohonan pengangkatan anak angkat
    tetapi apabila ortunya sudah meninggal itu gimana caranya

    BR //
    Shindu A.S

    @Shindu AS Yang baik,
    maaf baru hari ini saya buka blog saya, setelah istirahat panjang…., apabila orang tua anak tsb sudah meninggal maka keluarga dari orang tua kandung tentunya ada, persetujuan dari keluarganya, apabila tidak diketahui, maka anak tersebut harus diserahkan dulu secara formalitas ke Dep.Sos. Pengangkatan anak harus mendapat persetujuan dari Dep.Sos.

  13. Mbak Listi yth.

    Saya sedang bingung. 1 minggu yg lalu sy membaca postingan dari seorang wanita muda beusia 20 th sedang kuliah, yg mengaku dirinya hamil 8 bulan, dilakukan karena kekhilafan bersama pacarnya. Dia menawarkan kepada pasangan yg belum memiliki anak. Kemudia sy menghubunginya karena sy memang sedang mencari anak untuk diadopsi. Dia tinggal di Kos an, di kota yg berbeda dgn saya.
    Kemudian dari pembicaraan kami, kami sepakat akan bertemu untuk penjajakan awal. Menurut Mbak Listi, apa langkah selanjutnya yg harus sy lakukan supaya proses pengadopsian anak ini berjalan lancar dan tidak ada masalah di kemudian hari.
    Terima kasih

  14. Selamat pagi, bolehkah saya meminta contoh surat penyerahan hak asuh anak kepada suami? Atau kepada orang tua suami? Karena sejak bayi memang anak sudah diasuh dan dibiayai mertua.. Terimakasih.

  15. Mba…senang sekali saya mendapat info ini karena saya sedang mencari contoh surat permohonan adopsi. Sekedar info saja, saya wanita yang sudah punya 2 anak kandung. Kebetulan anak tetangga ibu saya di kampung ( saya domisili di Jakarta) hamil di luar nikah, dan iingin menyerahkan anaknya kepada saya. bayi tersebut sudah dilahirkan di Jakarta dan sudah di rumah saya. kemana saya harus mengurus surat permohonan adopsinya, ke kota asalnya atau ke Jakarta ( tempat tinggal saya)?
    Terus apa saja syarat adopsinya, berhubung orangtuan kandung si bayi tidak menikah.

    terimakasih,
    Yuni

  16. assalamu alaikum wr wb, mbak lis, apa kabar, alhamdulillah kabar ku baik2 aja, bagaimana kabarnya mbak lis, maaf mbak lis dah lama ak gk pernah hampir, mbak lis, hendra mau tanya nih kita menulis surat pengangkatan/adopsi anak, itu yang menandatangani siapa, aku atau siapa, maksih atas infprmasinya, mbak lis, saya punya keinginan membatu kakak ipar saya untuk membiayai sekolah anak perempuanya/ keponakan hendra, dia dah kelas II SMP, karena kedua orang tua gak mampu untu membiayai sekolah anak perempuannya sampai jenjang SMunya, boleh gk aku mengadopsi atau mengangkat anak perempuannya jadi anak hendra, sebenarnya hendra mau adopsi/ pengangkat anak, yaitu bayi perempuan yatim-piatu yang baru lahir atau berusia 1 tahun

  17. assalamu alaikum wr wb, mbak lis, apa kabar, alhamdulillah kabar ku baik2 aja, bagaimana kabarnya mbak lis, maaf mbak lis dah lama ak gk pernah hampir, mbak lis, hendra mau tanya nih kita menulis surat pengangkatan/adopsi anak, itu yang menandatangani siapa, aku atau siapa, maksih atas infprmasinya, mbak lis, saya punya keinginan membatu kakak ipar saya untuk membiayai sekolah anak perempuanya/ keponakan hendra, dia dah kelas II SMP, karena kedua orang tua gak mampu untu membiayai sekolah anak perempuannya sampai jenjang SMunya, boleh gk aku mengadopsi atau mengangkat anak perempuannya jadi anak hendra, sebenarnya hendra mau adopsi/ pengangkat anak, yaitu bayi perempuan yatim-piatu yang baru lahir atau berusia 1 tahun

    Jazza kumullah khairon katsiron
    krismanto mahendra

  18. Mba saya mau tanya dn mohon solusinya .. Saya mempunyai teman dia hamil di luar pernikahan dan rencanaya kalo anak itu lahir, saya dan suami saya akan mengadopsi anak itu, karena begitu juga teman saya dy ingin sekali anak itu di angkat / di adopsi oleh saya dan suami saya.
    Apakah boleh saya mengadopsi anak itu?dan apakah dari pihak saya harus meminta surat yg resmi dari kelurahan, seperti mau mengadopsi anak dari panti asuhan. Kebetulan dari pihak saya dn klg ingin sekali anak ini di adopsi karna saya sudah menikah 5thn belum juga punya momongan.
    Mohon di bantu ya mba.. mohon solusinya :)

    Trims
    Dessy ^_^

  19. ass…mba saya ingin tanyakan gimana bentuk isi permohonan pengadopsian anak tetapi saya belum berumah tangga…dan bagaimana pula cara adopsi anak di luar nikah

  20. asalam mualaikum wr wb mba saya mau bikin surat perjanjian pegagkatan anak degan ibu kandung nya. gimana cara nya mohon bantuan nya..terimakasih

  21. tolong dong muat pula contoh surat putusan pengadilan tentang adopsi anak………….saya ingin melihat nama siapa saja yang termuat di situ…apakah juga nama ortu kandung dan ortu angkatnya???terimakasih

  22. Mohon informasi yayasan/panti asuhan karena saya bener2 serius akan mengadopsi anak,kasihan istri saya,sudah 12 tahun kami hanya berdua saja.tq

  23. Assalamu’alaikum mbak, saya mohon bantuannya. Saat ini di keluarga ada masalah waris bagi anak angkat yang tidak resmi, jadi gini, nenek saya 2 bersaudara yaitu nenek saya dan adiknya yang jg perempuan,adik nenek dulu pernah menyekolahkan anak tetangga sampai anak itu menikah dan ikut suaminya, nenek saya cuman punya anak 1 yaitu ibu saya, sedang adik nenek tidak punya keturunan, saat ini nenek saya sdh meninggal, yg masih hidup tinggal adik nenek saya dan ibu saya dan keturunannya, Setelah 30 tahun tidak ada kabar anak angkat adik nenek saya pulang dan berhasil membawa sertifikat rumah adik nenek. Yang saya tanyakan, apakah dia memang berhak atas rumah itu, dan saat ini dia juga memaksa adik nenek untuk mengadopsinyanya, padahal saat ini usia nenek saya 80 tahun dan anak angkat sia 50 tahun, apakah bisa diadopsi? Apa yang kami sekeluarga lakukan utk mengadapi semua ini, tolong dibalas ke email saya , terima kasih sebelumnya

  24. kalau seorang janda mengadopsi anak dri anak andungnya sndiri gimna contoh surat permohonan pengankatanya?

  25. Dear mbak Listiana,
    Salam sejahtera…..yg mau sy tanyakan yaitu bagaimana dengan pembatalan adopsi di PA? dan bagaimana cara dan syarat-syaratnya??? mohon bantuan dan petunjuknya. Trims

  26. sejauh ini saya belum pernah mendengar adanya pembatalan adopsi di PA, tapi saya yakin hal itu bisa dilakukan, Pengadilan Agama. Coba saya cari tau dulu ya…karena ada beberapa PA yang belum sepenuhnya menerima ttg adopsi, otomatis pembatalannya pun tidak mau.

  27. Salam kenal mba listiana, surat yg d contohkan sama persis dngn keadaan sy saat ini yg sudah angkt ank adk sy. Jadi d mt hukum akte ats nm suami sy & masuk dlm KK sy itu msh blm cukup yah. & sy harus k advokat u/ membuat surat pengangkatan ank ini?

  28. Mbak, aku mau tanya. apa bisa di buat pembatalan terhadap anak adopsi yang akte kelahirannya tercantum sebagai anak kandung ttp tidak pernah ada surat keterangan dari notaris dan tidak ada surat keputusan dari pengadilan? Pada akte lahir disebutkan anak kandung dai ibu saya yang dimana notabene adalah bukan anak kandung dan dia pun masih berhubungan dgn ibu kandungnya.

    Saudara angkatku ini berbuat kesalahan yang fatal sehingga Ibu saya memutuskan untuk tidak mengakuinya lagi dan tidak mau dia menjadi salah satu ahli warisnya.
    Mohon masukannya. Makasih.

  29. Menurut saya dasar dari pembatalan adopsi tidak ada sehingga tidak perlu dibatalkan melainkan diwasiatkan saja bahwa anak yang bernama (siapa) tidak mendapatkan warisan apapun karena sudah kami coret dari daftar ahli waris.

  30. mb sy ada rencana adopsi anak umur 2 tahun tp ortu nya tidak nikah resmi hanya nikah siri rumahnya daerah mranggen untuk mendapatkan akte kelahirannya sy harus kemana? tolong sy dijelaskan prosesnya…. terima kasih sebelumnya

  31. Sebaiknya segera diajukan permohonan pengangkatan anak, setelah ada putusan nanti baru dibuatkan akta kelahiran. Untuk mengajukan permohonan pengangkatan anak, ibu bisa mengajukan nya di Pengadilan Negeri atau Pengadilan agama ditempat ibu tinggal. Mranggen itu dimana ya ?
    Salam,

  32. Terima kasih ats jawabannya begini bu sy jelaskan ibu kandung anak yg akan sy adopsi rumahnya di mranggen Demak, krn nikah siri & bapaknya meninggalkannya apakah sdh benar sy buat surat pernyataan penyerahan anak hanya ditanda tangani ibu kandungnya saja, takutnya sy bapaknya muncul & merebut anak itu dr sy yg sdh sy adopsi apakah sudah kuat isi surat tsb & pengajuan sy ke PN dimana ya bu di PN Demak / PN Semarang ?
    Apakah waktu mengajukan permohonan ke PN harus pk notaris / bisa sendiri sy + suami, dan terakhir pertanyaan sy Apakah sy harus menghadirkan ibu kandungnya dihadapan PN waktu
    pengajuan, begitu bu yg sy tanyakan semoga keterangan dr ibu membuat sy mengerti terima kasih.

  33. Maaf ada yg lupa sy tanyakan bu, begini kalau kelak anak yg sy adopsi akan menikah harus ada walinya sedang anak itu perempuan menurut agama Islam harus ada walinya yaitu bapak kandungnya, ini masalahnya bu ibu kandungnya tdk th keberadaanya bagaimana bu wali nikahnya dengan siapa? terima kasih

  34. Maaf mb rumahku g ada sinyal bagaimana kalau melalui BB pin saya 73CEA378 terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s