Penggolongan dalam Narkotika dan Psikotropika

Sebelum tulisan ini menjadi panjang “Jauhi Narkoba!” saya hanya ingin menjabarkan sedikit tentang penggolongan narkotika dan psikotropika sebagaimana disebutkan dalam undang-undang narkotika dan psikotropika.

Penggolongan untuk Narkotika :

  1. Narkotika gol 1 adalah narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi serta mempunyai potensi sangat tinggi, mengakibatkan ketergantungan.
  2. Narkotika gol 2 adalah naekotika yang berkhasiat pengobatan, digunakan sebagai pilihan terakhit dan dapat digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi tinggi, mengakibatkan ketergantungan.
  3. Narkotika gol 3 adalah narkotika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan, mengakibatkan ketergantungan.

Sedang dalam UU Psikotropika Bab II Ps.2(2) disebutkan bahwa :

Psikotropika yang mempunyai potensi mengakibatkan sindroma ketergantungan digolongkan menjadi :

  1. Psikotropika gol 1 adalah psikotropika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi serta mempunyai potensi amat kuat, mengakibatkan sindroma ketergantungan.
  2. Psikotropika gol 2 adalah psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan dapat digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan.
  3. Psikotropika gol 3 adalah psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi sedang, mengakibatkan sindroma ketergantungan.
  4. Psikotropika gol 4 adalah psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan sangat luas digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakbatkan sindroma ketergantungan.

Penggolongan tersebut diatas yang akan menentukan si pengguna dikenakan hukuman. Oleh karenanya janganlah dekat-dekat dan coba-coba….

Listiana Advokat.

About these ads

19 thoughts on “Penggolongan dalam Narkotika dan Psikotropika

  1. wah…. iya seh banyak orang yg sudah sangat kesakitan dan disuntik dengan heroin untuk mengurangi rasa sakit..tapi jadi nyandu
    tapiiii…..banyak yg menyalahgunakan narkotik….seperti yg terjadi di Indonesia…
    banyak jenisnya…dan anak2 mengenalnya seperti : green untuk mariyuana, trus apalagi yah…lupaaa
    ntar klo ingat tak tulis lagi deh…..
    stay away deh…..dari narkotic itu

  2. Mungkin buat informasi
    Ada 3 jenis Psikotropika
    1). Bersifat “Doping” pemakai tahan tidak tidur 2 hari, terlihat segar tapi mata merah, bila tidak memakai langsung ingin tidur. Shabu2, Extasi. Biasa dipakai oleh para eksekutif agar dapat semangat bekerja dan karena harganya mahal 1 gram Rp.700.000;
    2). Bersifat “hayalan” (haluniasi), inginnya tidur dan melamun. Ganja, opium, hashis, madat. Biasa dipakai oleh mahasiswa untuk menghilangkan stres bila mau ujian. Harganya 1 gram Rp 25.000
    3). Bersifat “mennyenangkan”, terlihat senang dan rilek. Heroin, morfin, Putauw (kelas terendah dari morfin). Jenis putau yg banyak pakai oleh hampir pecandu karena harganya murah Rp. 50.000 dan bisa dipakai oleh 3 orang. Putau di USA sudah tidak dipakai karena berbahaya. Bila kecanduan putau biasanya tidak lama lagi pecandu akan mati.

    Yang bisa membuat pemakai jadi “bete” hanya 2 hal
    1). Uang banyak tapi barang tidak ada
    2). Lagi enak2 “fly” di grebek polisi
    Beritahukan ke pemakai 2 hal ini, pasti berhenti.

  3. Yang susah adalah menghilangkan rasa penasaran. Pertama pengen tahu seperti apa barangnya. Kedua seperti apa rasanya. Jadi, sulit memang menghindari yg namanya coba-coba itu

  4. Penyuluhan pada remaja emang perlu. Tapi akan lebih manjur kalo yang ditumbuhkan adalah kesadaran pribadi dulu. Bisa melalui pendekatan religius, sosial.

  5. jauhi diri, keluarga dan orang2 terdekat kita, karena bahaya narkoba mengancam masa depan si pengguna dan orang lain. Apa lagi banyak sekali contoh kurang baik dari tayangan2 televisi yang dapat mempengaruhi kita semua.
    perang terhadap narkoba……….!!!!

  6. informasi ttng penggolongan narkoba yang benar adalah menurut undang2 ada dua jenis yaitu
    1.narkotika terbagi dalam beberapa golongan dari golongan 1 sampai golongan 3,termasuk diantaranya yaitu ganja(NI GOLONGAN SATU LO!),heroin,morfin,kokain,putau,mariyuana dll…
    2.Psikotropika terbagi juga dala beberapa golongan diantaranya
    ecstasy,shabu-shabu,methampetamin,megadon,kurtak,nipam,dll….
    jadi ini penggolongan yang benar menurut undang2…

  7. saya pingin tahu narkotika gol 1,2,dan 3. berdasarkan keputusan mentri kesehatan…..nama obatnya itu apa saja,yang termasuk gol 1,2,dan 3……sekian trimakasih, semoga jawaban anda bermanfaat bagi saya..

  8. Begini… Narkoba itu bahaya… jadi

    Emm….

    Gimana yah….??

    Yang pasti narkoba itu… gimana yah??

    Anu… gini… eh!

    Mm…

    Jauhi aja deh….
    Gile GUE RASANYA KAYAK NGELAYANG!!!!

  9. jangan mencoba” yang nama na nyobain NARKOTIKA!!!! coz sangat berbahaya bagi kehidupan anda semua,, anda mencoba itu sama saja mematikan saudara” kita ,, apa anda ingin mematikan saudara” qe????????? ga kan !!! mkn nya hindari yg nma na NARKOTIKA itu sebelum anda menyesal n terlambat nanti nya!!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s